Tri Mulyantoro Himbau Masyarakat Gotong Royong Jaga Lingkungan Saat Mudik

Banjarnegara – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Tri Mulyantoro, S.H. menghimbau masyarakat Jawa Tengah untuk gotong-royong saling menjaga tetangga dan lingkungan saat mudik lebaran. Hal tersebut Ia sampaikan dalam kesempatan wawancara Jumat (29/3/2024).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut mengungkapkan bahwa lebaran menjadi momen paling ditunggu oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Sayangnya momen tersebut tak jarang dimanfaatkan untuk melancarkan aksi kriminal oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

“Rumah banyak yang kosong, hal ini kemudian banyak dimanfaatkan oleh para kriminal untuk mencuri dan sebagainya” ujar Tri.

Menanggapi permasalahan tersebut, Tri Mulyantoro menghimbau masyarakat untuk gotong royong saling menjaga dan meningkatkan keamanan lingkungan.

“Kami menghimbau masyarakat terutama yang tak mudik untuk gotong-royong saling menjaga dan meningkatkan keamanan lingkungan” imbaunya.

Dirinya kemudian menambahkan bahwa masing-masing Ketua RT dan RW dapat mendata warganya yang berencana mudik. Hal tersebut dimaksudkan agar kegiatan ronda dapat dimaksimalkan pada area rumah-rumah warga yang kosong ditinggal pemilik.

Lebih lanjut, Tri Mulyantoro juga menghimbau seluruh masyarakat untuk lebih mawas diri dan meningkatkakn keamana rumah masing-masing sebelemun ditinggal bepergian. Masyarakat hendaknya memastikan seluruh pintu hingga jendela terkunci dengan baik dan aman, seluruh kompor dan alat elektronik mati untuk menghindari kebakaran dan korsleting.

“Walaupun sudah ada upaya ronda sekalipun tapi masing-masing keluarga pelru memastikan keamanan rumahnya dengan baik. Jangan beri celah sedikitpun untuk hal yang tak diinginkan. Agar kemudian mudik dan ibadahnya lebih tenang” tambah Tri.

Tri Mulyantoro berharap gangguan keamanan selama masa mudik tahun ini dapat diminimalisir.

“Harapannya gangguan kemanan (selama mudik)  bisa kita minimalisir, agar masyarakkat dapat menjalankan ibadah dengan khidmat dan bepergian dengan tenang” tutup Tri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *