img

Komitmen BPKK PKS Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Jawa Tengah

img

Webinar Ketahanan Keluarga

Semarang, PKS Jateng online- Badan Pembinaan Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Jawa Tengah menggelar webinar dalam rangka peringatan hari keluarga pada Ahad, (20/06/2021).

Webinar ini merupakan bentuk komitmen dari BPKK melalui sarana yang dimilikinya, berperan aktif bersama pemerintahh dan masyarakat membangun ketahanan keluarga Indonesia, khususnya dari Jawa tengah ini.

"Keluarga itu tempat bertumbuh bagi semeua anggotanya. Keluarga memiliki peran luar biasa, dimana semua anggotanya mendapatkan pemenuhann kebutuhannya. Maka, ketahanan keluarga ini menjadi suatu yang sangat penting", jelas Suminah.

Menurut Suminah, upaya menuju indonesia maju melalui perwujudan ketahanan keluarga ini telah didukung oleh pemerintah, dibuktikan dengan adanya perda, dan diikuti petunjuk teknis dalam Peraturan gubernur no. 77 tahun 2018. "Kita patut bersyukur di Jawa Tengahh ini sudah ada Perda no. 2 th 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, bahkan sudah ada peraturan teknisnya, yaitu Peraturan Gubernur no. 77 th 2018." terang Suminah.

Suminah mengajak semua peserta webinar khususnya kader-kader PKS Jawa Tengah, untuk terus belajar, dan memperbaiki diri, agar kelima komponen ketahanan keluarga dapat tercapai. "Agar kelima komponen ketahanan keluarga ini bisa tercapai, kita harus terus belajar, dan memperbaiki diri. Dan pemerintah melalui regulasi itu harus terlibat. Dan alhamdulillah di Jawa Tengahh sendiri sudah ada." jelas Suminah.

Webinar yang bertemakan, "Membangun Ketahanan Keluarga, Menuju Indonesia Maju" ini, menghadirkan Hj. Ummul Baroroh, M.Ag, Tim Teknis Pembangun Ketahanan Keluarga Jateng, dan Eko Yuliarti Siroj, dari BPKK DPP PKS, selaku pembicara.

Ketua Aisiyah Jateng Ummul Baroroh, menyampaikan tentang bagaimana upaya pemerintah berikut implementasinya dalam upaya pembangaunan ketahanan keluarga di Jawa Tengah. Ummul menegaskan kembali, pentingnya peran keluarga dalam kehidupan sosial. Bagaimana keluarga yang terdiri atas banyak peran itu saling berkolaborasi, dan orang tua menjadi poros sentraal terwujudunya ketahana keluarga ini.

Sementara itu Ketua Deputi Ketahanan Keluarga BPKK DPP PKS Eko Yuliarti, menyampaikan tentang indikator dan juga strategi membangun ketahanan keluarga. Ia juga mengajak semua kader khususnya kader-kader Jawa Tengah, mengoptimalkan sarana juga prasarana yang ada, baik internal maupun eksternal. Melalui RKI dengan berbagi macam programnya, dan juga kolaborasi PKS dengan semua stakeholder yang memang ingin bersama-sama membangun ketahanan keluarga di Jawa Tengah ini. Menurutnya ketahanan keluarga ini akan menunjang ketahanan bangsa, hingga membawa Indonesia semakin maju.

Suminah juga menyampaikan bahwa, DPW PKS Jateng telah melaunching Komunitas Ayah Keren DPW PKS Jateng, diawali dengan agenda Jagongan Ayah Keren, yang diselenggarakaan pada pekan lalu. Komunitas ini merupakan wadah bagi para ayah untuk mengembangakan dirinya, mengingat peran ayah yang sangat sentral dalam mewujudkan ketahanan keluarga. "Melalui komunitas ini harapannya para ayah dapat belajar, meningkatkan kapasitas diri, sambung rasa, dan menjadi sumber ide kegiatan-kegiatan yang dapat para ayah lakukan bersama keluarganya. Pasalnya, ketahanan keluarga ini tidak hanya menjadi tugas para ibu saja, namun para ayah juga memiliki peran yang amat penting." pungkasnya.