img

Anggota Komisi A Dprd Jawa Tengah Minta Perketat Awasi Perbatasan Cegah Covid-19

img

Sururul Fuad, Anggota DPRD Jateng Fraksi PKS / Foto : Anway

Semarang, PKS Jateng Online - Sururul Fuad Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Komisi A meminta pemerintah Provinsi Jawa Tengah agar memperketat pengawasan keluar masuk perbatasan menjelang pergantian Tahun Baru 2021 sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau COVID-19. 
 
"Perlu ditempatkan tim satuan tugas lintas sektor di titik-titik perbatasan, agar setiap pengguna jalan dilakukan pemeriksaan kesehatan Rapid Antigen secara gratis," kata Sururul Fuad. 
 
Sururul menjelaskan, pemerintah provinsi Jawa Tengah perlu memperketat pengawasan terhadap masyarakat keluar masuk di wilayah-wilayah perbatasan di Jawa Tengah. Sebab, Jawa Tengah merupakan jalur strategis antar Provinsi maupun lintas kabupaten antar Provinsi, sehingga langkah antisipasi perlu segera ditindaklanjuti dan dijalankan.
 
"Di wilayah barat ada perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Barat, di wilayah timur ada perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dan di Wilayah selatan ada perbatasan Jawa Tengah dengan DIY," ujarnya pula. 
 
Politisi Partai PKS ini memaparkan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan, Rapid Antigen,  tim satgas juga perlu mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menahan diri untuk sementara waktu melakukan kegiatan yang tidak terlalu mendesak.
Ia juga meminta masyarakat agar mendukung langkah pemerintah pusat maupun daerah melawan wabah COVID-19 dengan cara 3M 'menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker'. 
 
"Patuhi aturan pemerintah dan untuk sementara hindari kerumunan massa. Lebih baik berdiam diri di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata dia menambahkan. 
 
"Ini adalah cara yang paling efektif dilakukan. Kita tidak ingin virus ini mewabah di Jawa Tengah, sehingga aturan-aturan yang sudah ditetapkan agar dipatuhi," kata Sururul.
 
Sebagaimana data terbaru Pemprov Jawa Tengah kasus virus Corona atau COVID-19 di jawa tengah hari ini. Tercatat hingga hari ini total kasus terkonfirmasi positif virus Corona di Jateng ada 90.752 kasus.
 
Bila dibandingkan dengan data Minggu (27/12) yang 88.706, maka ada penambahan jumlah kasus baru hari ini sebesar 2.046. Dari data yang diunggah di website corona.jatengprov.go.id pada Selasa (29/12/2020), dari 90.752 kasus terdiri dari 10.295 kasus aktif atau pasien virus Corona yang masih dirawat, 74.872 sembuh, dan 5.585 meninggal dunia.