img

Dorong Lahirnya Wirausaha Muda, Rofik Hananto Adakan Training Bisnis Online

img

foto Rofik Hananto pelatihan wirausaha

Purbalingga, PKS Jateng Online  - Dalam rangka mendorong lahirnya Wirausaha-Wirausaha Muda yang mampu mengikuti perkembangan teknologi, di Masa Reses Persidangan I Rofik Hananto mengadakan acara Training Bisnis Online dan menghadirkan CEO Kampung Marketer yaitu Nofi Bayu Darmawan. Acara ini mendapat respon yang sangat positif, terbukti meski sore itu hujan lebat, ternyata antusiasme peserta yang hadir untuk mengikuti acara ini sangat tinggi, hampir 300 peserta anak muda dari target awal panitia hanya 150 peserta. 

Acara training ini tidak hanya diikuti oleh anak muda yang berasal dari dapil Jateng VII saja (Kabupaten: Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen) tetapi juga dari Kabupaten Banyumas bahkan kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan ini Rofik Hananto menyampaikan: “Saya yakin meski kita hidup di daerah atau desa yang tidak dekat dengan daerah-daerah metro atau kota-kota besar, tapi saya yakin bahwa dunia hari ini membuat sebuah proyeksi baru, sebuah gambaran baru bahwa kekuatan ekonomi dunia hari ini akan lahir dari desa-desa. Kekuatan ekonomi Indonesia bahkan dunia itu akan tumbuh dan akan mandiri berdaya dimulai dari berkembangnya, tumbuhnya ekonomi-ekonomi berbasis desa. Karena semua potensi masa depan di Indonesia, bahkan di dunia, semuanya tersedia di desa; air yang bersih, udara yang segar, kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah, wisata yang penuh pesona, anak-anak muda yang kreatif, anak muda dan masyarakat desa yang tangguh, ulet, yang pantang menyerah dan berani hidup susah, itu adanya di desa. Sehingga kita memiliki potensi yang sangat besar.”

Anggota DPR RI yang juga merupakan pengusaha Purbalingga ini juga menambakan: “Dunia hari ini menuntut kita untuk mampu mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi informasi, khususnya sosial media, agar semua potensi yang kita miliki dapat kita explore dan maksimalkan sehingga mampu menjadi sumber pendapatan.”

Di akhir sambutannya Rofik Hananto  berharap, anak muda hari ini harus mampu mengoptimasi potensi ekonomi desa yang beraneka ragam. Bahwa hidup berdaya dan mandiri tidak harus di kota, tapi di desa juga bisa bahkan peluangnya sangat besar.

Dalam kesempatan ini, Pemateri Novi bayu Darmawan yang juga pernah mendapatkan Penghargaan Liputan6 SCTV Award 2018 menyampaikan sejumlah langkah yang harus dilakukan, mulai dari menentukan produk yang akan dipasarkan, mencari channel marketing yang pas dengan bisnis yang dijalankan, memilih akun bisnis, dan menentukan harga jual.

Peserta juga dikenalkan bagaimana membuat website, memasarkan produk lewat fanpage, facebook marketplace, facebook ads dan lainnya.  

Salah seorang peserta mengatakan: “Acaranya bermanfaat banget, materinya berkelas, semoga lain waktu bisa diadakan lagi” tutur Naufi peserta dari Purbalingga.