img

Gunakan Mobil Sewaan, PKS Purworejo Distribusikan Air Bersih untuk Warga

img

Bantuan Air Bersih DPD PKS Purworejo (Foto: Sigit)

Purworejo, PKS Jateng Online - Minggu (1/12) lalu, DPD PKS Purworejo memberikan air bersih ke sejumlah desa yang terdampak kekeringan di Kabupaten Purworejo. Bantuan ini dialokasikan ke 3 Desa di Kecamatan Begelen, yaitu desa Kalirejo (dua perdukuhan), Desa Semagung dan Desa Durensari.

Kemarau panjang yang melanda Jawa Tengah menyebabkan Masyarakat kesulitan air bersih terutama dibeberapa Desa yang secara geografis terletak didataran tinggi seperti Desa Donorejo. Di Purworejo sendiri dari 16 Kecamatan, 11 kecamatan mengalami kekeringan, hal ini desebabkan karena sumber air yg biasa mereka gunakan sudah mengering.

Sekretaris Umum DPD PKS Purworejo, H. Sigit Haryono mengatakan, Penyaluran air bersih tersebut merupakan bentuk kepedulian PKS terhadap masyarakat.

"Awalnya ada kader PKS yang melaporkan bahwa didesanya mengalami kekeringan, kemudian kita bantu penyakuran air bersih. dan ternyata setelah itu banyak warga yang kemudian meminta bantuan air bersih ke kami (PKS)". Jelas Sigit.

DPD PKS Purworejo sendiri sudah menyalurkan bantuan air bersih di sekitar 80 titik yang terbagi kedalam 20 kali penyaluran di Kabupaten Purworejo sejak bulan Oktober lalu. Dan Tak kurang dari 10.000 liter air bersih didistribusikan setiap kali aksinya. Air diambil dari sumur bor atau sumber mata air yang masih melimpah airnya namun jauh dari jangkauan warga. Lalu Air di tampung di tandon dan kemudian disalurkan ke warga dengan menggunakan mobil sewaan.

Tejo, Kepala Dusun Kalibelung merasa senang dan terbantu dengan adanya bantuan air bersih dari PKS. Tejo menjelaskan bahwa sulit sekali mendapatkan bantuan air bersih.

"Alhamdulillah, Terimakasih PKS. sudah mau "ngopeni" warga kami yang kekeringan, semoga PKS tetap konsisten membantu masyarakat". Ucap Tejo.

Sigit yang juga merupakan sekertaris umum DPD PKS Purworejo juga bersyukur karena program penyaluran air bersih ini bisa diterima masyarakat.

"Semoga kita bisa istiqomah mengabdi pada masyarakat, ini juga sebagai bentuk kontribusi real kami pada pemerintah dalam mengatasi kekeringan di Jawa Tengah" Pungkasnya.